IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING TIPE POSTER SESSION DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan hasil belajar peserta didik setelah implementasi  metode Active Learning tipe Poster Session. Dalam penelitian ini telah dilakukan uji statistik deskriptif dan uji paired samples t-test untuk uji hipotesis dan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan minat belajar dan hasil belajar peserta didik setelah implementasi metode Active Learning tipe Poster Session. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Variabel X adalah metode Active Learning tipe Poster Session sedangkan variabel Y ada dua yaitu: minat belajar dan hasil belajar. Adapun populasi pada riset ini adalah peserta didik di UPTD SMP Negeri 6 sinjai dengan menentukan sampel khusus peserta didik kelas VIII B yang berjumlah 30 orang. Langkah teknis pengumpulan data ditempuh dengan menggunakan instrumen kuesioner, soal test dan lembar observasi. Selanjutnya untuk analisis data digunakan program Spss versi 25 dan pree-test dan post-test.  Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa: Implementasi metodeActive Learning tipe Poster Session  dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat peningkatan minat belajar peserta didik, Sedangkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI melalui metode Active Learning Tipe Poster Sesson juga meningkat dilihat nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik, serta dapat dilihat dari skor rata-rata yang didapatkan setelah tindakan yaitu 77,7 dari KKM 73.