PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Sinjai, (2) pengaruh kemandirian belajar siswa dan (3) pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif verifikatif. Populasi penelitian ini sebanyak 112 siswa kelas VIII di MTsN 4 Sinjai. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sebanyak 55 siswa dengan menggunakan beberapa metode pengumpulan data; kuesioner, dokumentasi, observasi dan studi kepustakaan. Dalam penyusunan kuesioner penelitian digunakan teori dari Edwards (2006) untuk variabel pola asuh orang tua (X1) dengan 3 dimensi; pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Variabel kemandirian belajar (X2) menggunakan teori dari Haris Mujiman dengan 5 dimensi; motivasi, inisiatif, percaya diri, tanggung jawab, disiplin. Kemudian untuk variabel hasil belajar (Y) diperoleh dari dokumentasi data nilai ujian akhir mata pelajaran Akidah Akhlak semester II. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah regresi linear berganda.Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) pola asuh orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Sinjai, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,386>1,671) dan nilai signifikansi sebesar 0,021< 0,05; (2) kemandirian belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,661>1,671) dan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05; dan (3) pola asuh orang tua dan kemandirian belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (11.209>3,16) dan nilai signifikansi 0,000<0,05.