IMPLEMENTASI METODE AL-THORĪQAH AL-MUBĀSYARAH (DIRECT METHOD) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA (MAHRU Al-KALĀM) PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Naturalistik. Data diperoleh dari informan yaitu Guru Bahasa Arab, peserta didik, dan alumni Pesantren Darul Islah Ujung Loe Bulukumba. Data juga didapatkan melalui aktifitas pembelajaran bahasa serta dokumen-dokumen yang terkait pembelajaran Bahasa Arab. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengamatan dan triangulasi data. Peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran umum pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Islah Ujung Loe Bulukumba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Islah baik di dalam maupun di luar kelas terfokus pada penguasaan kompetensi dasar kemampuan berbicara (Mahru al-Kalām) dengan menggunakan metode al-Tharīqah al-Mubāsyarah (Direct Method) dibawah pengawasan penuh bagian bahasa. Implementasi metode ini di Pesantren dalam bentuk: Untuk pendahuluan, memuat berbagai hal yang berkaitan dengan materi yang akan disajikan baik berupa appersepsi, atau tes awal tentang materi.