Gambaran Subjective Well Being pada Individu Ditinjau dari Intensitas Bermain Game Online

Abstract

Intensitasnya  bermain game online di Indonesia membuat pemainnya menjadi kecanduan game online dan mengabaikan serta melupakan kegiatannya sehari-hari guna dapat bermain game secara terus menerus. Peneliti mendapatkan subjek sebanyak 81 orang, dari usia 15 sampai 40 tahun dan yang suka bermain game online, metode penelitiannya kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling, Hasil penelitiannya nilai signifikansi Sig.(2-tailed) antara Subjective Well Being dengan intensitas bermain game online adalah sebesar 0,000; sehingga nilai tersebut lebih besar dari 0,05 dan nilai r hitungnya sebesar 0,705 lebih besar dari r tabel yaitu 0,215. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan antara Subjective well being pada Individu ditinjau dari Intensitas Bermain Game online. Kesimpulannya terdapat hubungan positif antara subjective well being dengan intensitas bermain game online menunjukan bahwa semakin tinggi intensitas bermain game online maka akan semakin tinggi  subjective Well Beingnya, hal ini diharapkan untuk subjek bisa mengurangi intensitas bermainnya agar tidak merugikan diri sendiri dan bisa juga menghabiskan waktu dengan berinteraksi dengan teman, dan keluarga atau melakukan kegiatan yang positif.