Moderasi Usia dalam Pengaruh Semester Terhadap Efikasi Diri Akademik pada Pembelajaran Online
Abstract
Penyebaran virus corona menuntut institusi pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran online. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh semester terhadap efikasi diri akademik pada pembelajaran online dan menjelaskan moderasi usia dalam pengaruh semester terhadap efikasi diri akademik pada pembelajaran online. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 296 mahasiswa yang dipilih dengan teknik incidental sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuantitatif korelasional. Hasil penelitian menemukan bahwa semester berpengaruh terhadap efikasi diri akademik dalam pembelakaran online (β= -0,886; p= 0,035) dan usia menjadi variabel moderator dalam pengaruh tersebut (β= 0,682; p= 0,008). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semester berpengaruh terhadap efikasi diri akademik pada pembelajaran online dan usia merupakan variabel moderator dalam pengaruh semester terhadap efikasi diri akademik pada pembelajaran online.