Metode Bercerita dengan Menggunakan Tokoh Fauna Borneo Dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bercerita mampu mengembangkan kecerdasan moral pada anak prasekolah. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian eksperimental menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1. Desain penelitian one group pre test post test design. Teknik analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita efektif pengembangan kecerdasan moral anak berdasarkan uji Wilcoxon diperoleh nilai p = 0,000, ini menunjukkan bahwa p < 0,050, sehingga hipotesis H1 diterima. Menurut orang tua hasilnya adalah p = 0,004 (< 0,050) sehingga hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Di sisi lain, menurut guru hasilnya adalah p = 0,709 (> 0,050) sehingga hipotesis H1 ditolak dan H0 diterima.