Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan kontrol diri terhadap prokrastinasi dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian sebanyak 100 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu skala prokrastinasi dalam mengerjakan skripsi, skala motivasi belajar dan skala kontrol diri dengan model skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis non parametrik kendall dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 20.0 for Windows. Hasil analisis pertama menunjukkan diketahui bahwa korelasi Kendall Tau antara variabel motivasi belajar (X1) dengan prokrastinasi (Y) adalah sebesar 0,130. Karena angka pada kolom  P adalah 0,063 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak ada hubungan  antara motivasi belajar terhadap prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi. Kemudian diketahui bahwa korelasi Kendall Tau antara variabel kontrol diri (X2) dengan prokrastinasi (Y) adalah sebesar 0,123. Karena angka pada kolom  P adalah 0,073 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak ada hubungan antara kontrol diri terhadap prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi.