Dukungan Orang Tua Pada Kemampuan Menulis Kreatif Anak
Abstract
Menulis pada dasarnya merupakan suatu keterampilan berbahasa berupa kegiatan produktif dan ekspresif yang membutuhkan kesabaran, keuletan, dan kejelian tersendiri. Kegiatan menulis pada anak juga memerlukan dukungan yang diberikan oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua pada anak yang memiliki kemampuan menulis kreatif. Penelitian ini dilakukan pada subjek yang masih berstatus sebagai pelajar dan informan adalah orang tua subjek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengamatan atau penginderaan langsung terhadap suatu benda. Kondisi, situasi, proses atau prilaku, karena peneliti bermaksud untuk memahami, menjelaskan, dan memperoleh gambaran (deskripsi). Tentang gambaran mengenai dukungan orang tua dan kemampuan menulis kreatif pada anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subjek penelitian sebanyak tiga orang dengan jenis kelamin perempuan. Metode analisis data yang adalah analisis model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak yang mendapatkan bentuk dukungan berupa dukungan penghargaan, dukungan emosional, dukungan instrumental, dan dukungan informasi terpenuhi oleh anak dapat terjalin komunikasi yang baik dengan anak, dan anak menjadi lebih terbuka dalam menyampaikan kesulitan, serta anak menjadi lebih kreatif, inovatif dalam melakukan kegiatan di bidang menulis dan kegiatan lainnya. Berbeda dengan anak yang tidak mendapatkan dukungan dalam menulis kreatif yaitu komunikasi yang terjalin dengan anak tidak berjalan dengan baik, dan menimbulkan konflik antara orangtua dan anak karena adanya perbedaan pendapat.