Hubungan Self-Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Akselerasi

Abstract

Penundaan harus diwaspadai, terutama bagi siswa dengan potensi yang unggul sebagai peserta yang dipercepat, karena siswa yang berpotensi secara intelektual atau akademis diharapkan untuk kegiatan akademik yang maksimal. Setiap siswa secara khusus yang berstatus siswa yang dipercepat harus memiliki peraturan diri yang baik untuk hidupnya dan dapat mengendalikan pikiran, perasaan, dan bertanggung jawab atas hidupnya untuk mencapai tujuan yang ditargetkan tanpa merinci tugas yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji secara empiris hubungan antara belajar pengaturan diri dan prokrastinasi akademik pada siswa akselerasi di SMA Negeri 1 Samarinda. Berdasarkan hasil pengujian pada variabel self-regulation learning dan prokrastinasi akademik telah dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi product moment pearson menunjukkan bahwa besarnya hubungan antara self-learning learning dan prokrastinasi akademik adalah p = 0,000. Itu berarti H1 ada hubungan antara prokrastinasi akademik dan pembelajaran regulasi diri pada siswa akselerasi di SMA Negeri 1 Samarinda terbukti karena nilainya p> 0,05.