Pengaruh Strategi Coping dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak strategi coping dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa kebidanan di Poltekkes Kemenkes Kaltim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 82 siswa kebidanan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala prokrastinasi akademik, strategi koping, dan manajemen waktu. Data penelitian dianalisis dengan regresi berganda dengan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh strategi coping dan manajemen waktu yang signifikan terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa kebidanan dengan nilai f> f tabel (261.938> 3,11) dan nilai p = 0,000 (p <0,05). Kontribusi dampak strategi koping dan manajemen waktu pada prokrastinasi akademik siswa kebidanan berjumlah 0,869; (2) ada strategi penanggulangan impcat yang signifikan pada prokrastinasi akademik siswa kebidanan dengan koefisien beta (β) = -0,822, dan nilai t> t tabel (-14,511> 1,990) dan nilai p = 0,000 (p <0,05); (3) terdapat pengaruh signifikan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik siswa kebidanan dengan koefisien beta (β) = - 0,150, dan nilai t> t tabel (-2,653> 1,990) dan nilai p = 0,010 (p <0,05).