Pengaruh Kontrol Diri dan Stres Sekolah Terhadap Perilaku Membolos

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengendalian diri dan stres sekolah terhadap perilaku membolos siswa SMK Kesehatan Samarinda. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa dengan pengambilan sampel secara acak sederhana. Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku membolos, pengendalian diri, dan skala stres sekolah. Data dianalisis dengan model regresi. Hasil penelitian dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh terhadap pengendalian diri dan perilaku membolos siswa SMK diperoleh nilai () = - 0.469, nilai t <t tabel (-5.341 <1.980) dan nilai p = 0,000 (p> 0,05); (2) tidak terdapat pengaruh stres sekolah dan perilaku membolos siswa SMK, nilai yang diperoleh adalah () = 0,170, nilai t <t tabel (1,941 <1,980) dan nilai p = 0,055 (p <0,05); (3) Ada pengaruh Pengendalian Diri dan Stres Sekolah terhadap Perilaku membolos siswa SMK, nilai yang diperoleh adalah F hitung> F tabel (28,759> 3,073) dan p value = 0,000 (p <0,05). Sumbangan variabel (R2) pengendalian diri dan stres sekolah terhadap perilaku membolos siswa SMK sebesar 33.0%.