Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga diri dan gaya hidup terhadap perilaku konsumen pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 98 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku konsumen, harga diri dan gaya hidup. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi linier berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh dan harga diri yang signifikan terhadap perilaku konsumtif yang dibuktikan dengan koefisien beta (β) sebesar -0,067, dan nilai t hitung sebesar -0,549 lebih kecil dari t tabel sebesar 1,985 dan p value dari 0,585 (p> 0,005). (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif yang dibuktikan dengan koefisien beta (β) sebesar 0,549, dan nilai t hitung 4,503 lebih besar dari t tabel 1,985 dan nilai p 0,000 (p <0,005). (3) terdapat pengaruh antara harga diri dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dengan nilai F = 2.110 R2 = 0.255, dan p = 0.000 (p <0.005).