Pengaruh Kualitas Produk Dan Seni Terhadap Minat Beli Konsumen Sarung Tenun Samarinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kesenian terhadap minat beli konsumen Sarung Tenun Samarinda di Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu skala minat beli, skala kualitas produk, dan skala seni dengan model skala likert. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan model bertahap dan uji regresi model penuh dengan bantuan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 23.0 untuk Windows. Dari analisis data diperoleh hasil untuk model penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas produk terhadap minat beli, diperoleh nilai t hitung = 4.210> t tabel = 1.948 dan p = 0.000 <0.050. Hasil analisis kedua menunjukkan pengaruh seni terhadap minat beli diperoleh nilai t hitung = 4,117> t tabel = 1,948 dan p = 0,000 <0,050. Analisis ketiga menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kualitas produk dan kesenian dengan minat beli sarung tenun Samarinda di Samarinda diperoleh nilai F hitung = 51.160> F tabel = 3.09, R2 = 0.513, dan p = 0.000 < 0,050. Hasil yang ditunjukkan dari penelitian ini adalah aspek minat beli dipengaruhi secara positif oleh aspek kualitas produk dan seni bagi konsumen Sarung Tangan Tenun Samarinda di Samarinda.