Hubungan Kemandirian Dengan Self-Regulated Learning Pada Usia Remaja
Abstract
Kemandirian memiliki peran penting dalam perkembangan remaja pada usia dini, karena pada usia tersebut mereka mengalami masa transisi menuju dewasa. Remaja yang menempuh pendidikan di pondok pesantren tidak hanya belajar secara akademis tetapi juga diajari bagaimana mandiri dan mampu mengelola proses kognitifnya sendiri untuk mencapai keberhasilan belajar yang dikenal dengan istilah self-regulated learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian dan kemandirian belajar pada remaja di Pondok Pesantren Al Madina. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 96 siswa dengan menggunakan metode pengumpulan data skala likert. Pengumpulan data dianalisis menggunakan uji korelasi product moment dengan Paket Statistik Untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 for Windows 7. Berdasarkan hasil penelitian, kedua variabel yang dianalisis dengan analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa besarnya hubungan kemandirian dengan self-regulated learning diperoleh r = 0,487 dan p = 0,000, sehingga menunjukkan bahwa hasil penelitian memiliki hubungan yang saling berhubungan.