Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada remaja di SMPN 9 Filial Loa Kulu. Dua variabel yang digunakan dalam kuantitatif ini sebagai variabel terikat dan dukungan orang tua sebagai variabel bebas. Teknik pengambilan sampel menggunakan 58 siswa SMPN 9 Filial Loa Kulu sebagai sampel penelitian. Skala likert adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment yang tersedia dalam Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 21.0 for windows 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar (nilai r = 0,588, p = 0,000). Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan orang tua maka semakin tinggi motivasi belajar siswa.