Pengaruh Positioning dan Persepsi Iklan Dengan Keputusan Pembelian Ulang Produk Air Mineral Aqua Pada Remaja Akhir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara positioning dan persepsi iklan dengan keputusan pembelian kembali produk air mineral aqua pada remaja akhir tahun. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tiga skala, skala keputusan pembelian kembali, skala positoning, dan skala iklan persepsi. Penelitian pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dianalisis dengan model regresi dan model secara bertahap diisi dengan bantuan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 for Windows. Hasil analisis pertama menunjukkan ada hubungan positioning dengan keputusan pembelian kembali produk, nilai yang diperoleh adalah T value = 1,900> T tabel = 1,948 dan P = 0,006 <0,050. Hasil analisis kedua menunjukkan ada hubungan antara iklan persepsi dengan keputusan pembelian kembali produk, diperoleh nilai T hitung = 5,356> T tabel = 1,948 dan P = 0,000 <0,050. Hasil analisis ketiga menunjukkan terdapat hubungan positioning dan persepsi iklan dengan keputusan pembelian kembali produk, diperoleh nilai F hitung = 31,690> F tabel = 3,09, R2 = 0,395, dan P = 0,000 <0,050. Hasil yang ditunjukkan dari penelitian ini adalah keputusan pembelian kembali produk dapat dikatakan dipengaruhi secara positif oleh positioning dan persepsi iklan pada konsumen yang melakukan keputusan pembelian kembali produk air mineral aqua pada remaja akhir remaja.