Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi

Abstract

Keputusan untuk membeli barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan awal pandangan individu pada saat memperoleh informasi dan dorongan yang ada pada individu dalam menentukan keputusan untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi konsumen dan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian polis asuransi pada Klien Asuransi Prudential di Kota Samarinda. Subjek penelitian ini adalah Klien Asuransi Prudential di Kota Samarinda dengan jumlah sampel 100 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala keputusan pembelian, skala persepsi konsumen, dan skala motivasi konsumen. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi konsumen dan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian polis asuransi yaitu dengan nilai F = 32,525, R2 = 0401, dan p =0,000. Pada persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian polis asuransi yaitu dengan nilai beta = 0,562, t = 6,987, dan p = 0,000. Pada motivasi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian polis asuransi yaitu dengan nilai beta = 0,195, t = 2,428, dan p = 0,017.