Hubungan Dukungan Sosial Guru dan Motivasi Berprestasi Dengan Regulasi Diri Dalam Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan sosial guru dan motivasi berprestasi dengan pembelajaran mandiri pada siswa SMA Negeri 10 Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert, yang terdiri dari skala belajar mandiri, skala dukungan sosial guru, dan skala motivasi berprestasi. Sampel penelitian ini adalah 58 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan sosial guru dan motivasi berprestasi dengan pembelajaran mandiri siswa dengan nilai R2 = 0,534, f hitung = 30,570> f tabel = 3,16, dan p = 0,000. Selain itu dari hasil model tahapan analisis regresi, ditemukan bahwa tidak ada korelasi antara dukungan sosial guru dan pembelajaran mandiri dengan nilai Beta = 0,047, t hitung = 0,458 <t-tabel = 2,003, dan p = 0,649 . Kemudian, ada korelasi antara motivasi berprestasi dan belajar mandiri dengan nilai Beta = 0,710, t hitung = 6,952> t tabel = 2,003 dan p = 0,000.