Kompetensi Kerja dan Penyesuaian Diri Pada Fresh Graduate Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang Tidak Bekerja Sebagai Guru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kompetensi kerja dan penyesuaian diri mahasiswa baru fakultas ilmu pendidikan yang tidak bekerja sebagai guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan responden dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan keempat subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat subjek penelitian ini memiliki keraguan oleh rekan kerjanya karena memiliki latar belakang yang berbeda dengan pekerjaannya. Perbedaan latar belakang pendidikan menuntut individu memiliki kompetensi dan penyesuaian diri yang baik agar mampu bersaing di dunia kerja. Subjek CJ memilih mundur dari pekerjaannya karena merasa tidak mampu menerima beban kerja yang semakin berat. Sedangkan subjek AE, EM dan IS memilih untuk bertahan dalam pekerjaan saat ini. Sulitnya mendapatkan pekerjaan sebagai guru, minimnya upah yang diterima saat menjadi guru dan tuntutan hidup yang semakin menjadi alasan keempat mata pelajaran memilih bekerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.