Hubungan Antara Konformitas dan Harga Diri Dengan Perilaku Berbelanja Online Pada Mahasiswi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesesuaian dan harga diri dengan perilaku belanja online pada studi di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, Universitas Mulawarman. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah total subjek adalah 96 orang dengan menggunakan stratified purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Data penelitian diperoleh menggunakan skala likert dari konformitas, harga diri, dan perilaku belanja online. Data dianalisis dengan model regresi penuh dan bertahap dengan bantuan dari paket Statistik Program untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk windows. Hasil analisis pertama menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kesesuaian dengan perilaku belanja online, nilainya adalah Nilai TV> Tabel (Nilai TV = 3,978> Ttabel = 1,986) dan p = 0,000 <0,050. Hasil analisis kedua menunjukkan ada hubungan negatif korelasi antara harga diri dengan perilaku belanja online, nilainya adalah Nilai TV> Ttabel (Nilai TV = -2,463> t tabel 1,986) dan p = 0,016 <0,050. Hasil analisis ketiga menunjukkan ada korelasi antara kesesuaian dan harga diri dengan perilaku belanja online, nilainya adalah Fvalue> Ftable (Fvalue = 73,161> Ftable = 3,09), Adjusted R square = 0,603, dan p = 0,000 < 0,05.