Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Pengambilan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi Terhadap Kepuasan Konsumen di Grup Blackberry Messenger Khanza Collection
Abstract
Dalam transaksi jual beli online dengan online perlu kepercayaan antara penjual dan pembeli. Kepercayaan pelanggan yang tinggi dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Semakin banyak kepercayaan pelanggan, kepuasan pelanggan juga semakin meningkat. Pengambilan keputusan pembelian secara online dapat memengaruhi kepuasan pelanggan. Pengambilan keputusan yang tepat akan membuat pelanggan merasa puas. Kemudian, kepercayaan pelanggan yang tinggi dapat memengaruhi intensitas pengambilan keputusan pelanggan untuk membeli. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris variabel kepercayaan pelanggan, pembelian keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan. Subjek penelitian adalah anggota kelompok Khanza Collection Blackberry Messenger, sebanyak 60 orang. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah skala kepercayaan pelanggan, skala pembelian pengambilan keputusan, dan skala kepuasan pelanggan. Data dianalisis lebih lanjut dengan analisis intervensi. Hasil analisis pertama menunjukkan ada pengaruh kepercayaan pelanggan dengan kepuasan pelanggan, nilai yang diperoleh adalah koefisien terstandarisasi yaitu sebesar 0,226 dengan p <0,05 (p = 0,005). Hasil analisis kedua menunjukkan ada pengaruh pengambilan keputusan pembelian dengan kepuasan pelanggan, nilai yang diperoleh adalah koefisien terstandarisasi yaitu sebesar 0,731 dengan p <0,05 (p = 0,000). Hasil analisis ketiga menunjukkan ada pengaruh kepercayaan pelanggan dengan keputusan pembelian, nilai yang diperoleh adalah koefisien terstandarisasi yaitu sebesar 0,626 dengan p <0,05 (p = 0,000).