Pengaruh Persepsi Kesempatan Kerja dan Kepercayaan Diri Terhadap Kesiapan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi peluang kerja dan kepercayaan diri terhadap kesiapan kerja siswa SMK di Kota Bontang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 95 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kesiapan kerja, persepsi peluang kerja dan kepercayaan diri. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi kesempatan kerja terhadap kepercayaan diri mahasiswa dengan koefisien beta (β) = 0,303, serta t hitung> t tabel (2,987> 1,661 dan p = 0,004 (p < 0,05) (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepercayaan diri terhadap kesiapan kerja siswa dengan koefisien beta (β) = 0,207, dan nilai t hitung> t tabel (2,038> 1,661) dan nilai p = 0,044 (p <0,05); (3) terdapat pengaruh yang nyata dan signifikan persepsi peluang kerja dan kepercayaan diri terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai f hitung> f tabel (5,391> 3,10) dan nilai dari p = 0,006 (p <0,05) Sumbangan pengaruh persepsi peluang kerja dan kepercayaan diri terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 0,105 (10,5 persen).