Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Kecanduan Game Online Pada Siswa-Siswi

Abstract

Penelitian ini didistribusikan oleh fenomena tingginya tingkat bermain game online di kalangan siswa terutama siswa yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama secara tidak langsung akan mempengaruhi kecerdasan emosional siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan kecanduan game online pada siswa di SMP YPS (Yayasan Pendidikan Samarinda). Penelitian ini terdiri dari dua variabel: variabel dependen khusus yang kecanduan game online dan variabel independen, kecerdasan emosional. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan sampel purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di SMP YPS (Yayasan Pendidikan Samarinda. Ada 56 sampel siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecanduan game online pada siswa di SMP YPS (Yayasan Pendidikan Samarinda) dengan nilai r = -0.170, dan p = 0,210.