Hubungan Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi dengan Kualitas Pelayanan Karyawan

Abstract

Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) adalah Perusahaan Listrik Negara, yang mendapat sorotan publik pada kualitas layanan karyawan yang menurun dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Disiplin Tenaga Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kualitas Layanan Karyawan. Penelitian ini terdiri dari variabel dependen, yaitu kualitas layanan karyawan, dan dua variabel independen, yaitu disiplin kerja dan budaya organisasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan PT. PLN Persero Samarin-da yang berjumlah 63 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kualitas Layanan Karyawan dengan F = 0,816, = 0,026, dan p = 0,044. Kemudian hasil regresi bertahap menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara disiplin kerja dan kualitas layanan karyawan dengan beta = 0,001, t = 0,005, p = 0,099. Maka budaya atau kualitas layanan tidak ada korelasi dengan beta = -0,163 t = -1,235 p = 0221.