Hubungan Harga Diri dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Perilaku Perundungan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris apakah ada atau tidak adanya korelasi antara harga diri dan interaksi teman sebaya terhadap perilaku intimidasi siswa di SMK Negeri 7 Samarinda. Subjek penelitian adalah siswa di SMK Negeri 7 Samarinda dengan 97 siswa. Metodologi penelitian menggunakan skala bullying, skala harga diri, skala interaksi teman sebaya. Timbangan tersebut disusun dengan skala model Likert dan diperiksa dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi positif dan signifikansi antara harga diri dan interaksi teman sebaya terhadap perilaku intimidasi dengan skor F = 6,705, R2 = 0,125, dan p = 0,002. Dalam harga diri tidak ada korelasi signifikan terhadap intimidasi dengan skor beta = -0,235, t = -1,807, dan p = 0,074. Dalam interaksi teman sebaya, tidak ada korelasi signifikan terhadap intimidasi dengan skor beta = -0.150, t = -1.152, dan p = 0.252. Kontribusi korelasi antara harga diri dan interaksi teman sebaya terhadap perilaku intimidasi siswa di SMK Negeri 7 Samarinda adalah sebesar 0,125 (12,5 persen).