Pengaruh Kematangan Emosi dan Kedisiplinan Terhadap Perilaku Menyontek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dan kesidiplinan dengan perilaku menyontek pada siswa SMA Kecamatan Sungai Pinang Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 59 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku menyontek, skala kematangan emosi, dan skala kedisiplinan dengan model skala likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji regresi dengan bantuanprogram Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 24.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kematangan emosi dan kesidiplinan dengan perilaku menyontek pada siswa SMA Kecamatan Sungai Pinang Samarinda dengan nilai F hitung = 30.905 (F hitung > F tabel = 3.16), R2 = 0.525, dan p = 0.000 (p < 0.005). Sebagai tambahan, dari hasil analisis regresi model sederhana diketahui bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kematangan emosi dan perilaku menyontek dengan nilai beta = – 0.515; t hitung = – 4.649 (t hitung > t tabel = 2.003), dan p = 0,000 (p > 0,05). Kemudian, hasil uji regresi sederhana pada kedisiplinan dan perilaku menyontek memperlihatkan bahwa adanya hubungan yang negatif dan signifikan dengan beta = – 0.299; t hitung = – 2.700 (t hitung > t tabel = 2.003), dan p = 0.009 (p < 0,05).