Pengaruh Konsep Diri dan Konformitas Terhadap Perilaku Bullying
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan konformitas terhadap perilaku bullying pada siswa SMP Negeri 27 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda yang berjumlah 87 siswa yang dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku bullying, konsep diri, dan konformitas. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi linier berganda untuk diuji dengan bantuan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan konsep diri terhadap perilaku bullying siswa dengan koefisien beta (β) = -0272, dan nilai t hitung> t tabel (2,571> -0211) dan nilai dari p = 0,012 (p <0,05); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kesesuaian terhadap perilaku bullying siswa dengan koefisien beta (β) = 0.256, dan nilai t hitung> t tabel (2,291> 0211) dan nilai p = 0,024 (p <0,05). ); (3) terdapat pengaruh yang nyata dan signifikan konsep diri dan konformitas terhadap perilaku bullying siswa dengan nilai F F> hitung tabel (3,595> 0211) dan nilai p = 0032 (p <0,05). Serta pengaruh kontribusi (R2) konsep diri dan konformitas siswa terhadap perilaku bullying sebesar 0281 atau 28,1 persen.