Pengaruh Pelatihan Komunikasi Efektif Terhadap Kemampuan Komunikasi

Abstract

Kemampuan komunikasi diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam berbicara, mendengar, dan mengatasi hambatan komunikasi verbal, serta dapat memahami komunikasi non-verbal. Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman meraka. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut. Komunikasi efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Pelatihan “Komunikasi Efektif” menggunakan pendekatan orang dewasa yang merupakan rangkaian kegiatan yang disesuaikan dengan karakteristik orang dewasa, sebagai peserta pelatihan, dan memungkinkan peserta berperan aktif dalam menetapkan apa, bagaimana, dan kapan mereka belajar. Pelatihan ini terdiri dari fase pembukaan, diskusi, tayaangan audiovisual, role-play, ceramah dan penutupan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang komunikasi efektif dalam rangka meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif berjenis eksperimen dengan menggunakan Simple Randomized Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik skala guttman. Subjek penelitian ini adalah 30 orang mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman Samarinda. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji paired t-test dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 20.0 for Windows. Hasil penelitian dengan taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa pemberian pelatihan “Komunikasi Efektif” memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap kemampuan komunikasi peserta pelatihan dengan nilai p = 0.004 (p ≤ 0.05), yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima.