Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Tari Tradisional
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar tari tradisional pada siswa SMP Negeri 22 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 80 siswa-siswi yang mengikuti ekstrakulikuler di SMP Negeri 22 Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi belajar tari tradisional, kepercyaan diri dan dukungan orang tua. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 20.0 for windows. Hasil penelitian dengan taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan kepercayaan diri terhadap motivasi belajar tari tradisional dengan koefisien beta = 0.563, serta nilai t hitung > t tabel (6.475 > 1.991 dan nilai p = 0.000 (p < 0.05); (2) ada pengaruh positif namun tidak signifikan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar tari tradisional dengan koefisien beta = 0.263, serta nilai t hitung > t tabel (3.032 > 1.991) dan nilai p = 0.003 (p < 0.05); (3) ada pengaruh nyata dan signifikan kepercayaan diri dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar tari tradisional pada siswa SMP Negeri 22 Samarinda dengan nilai f hitung > f tabel (37.680 > 3.12) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05). Kontribusi pengaruh kepercayaan diri dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar tari tradisional pada siswa SMP Negeri 22 Samarinda adalah sebesar 0.495 (49.5 persen).