Pengaruh Motivasi Belajar dan Efikasi Diri Terhadap Regulasi Belajar Santri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri terhadap pembelajaran mandiri santri dalam menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Ihya 'Ulumuddin Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan model skala likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi dengan program paket ilmu sosial (SPSS) 24.0. Hasil penelitian ini antara lain tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan efikasi diri terhadap self-regulated learning santri di Pondok Pesantren Ihya 'Ulumuddin Samarinda, dengan nilai F hitung> F tabel (1,766 <2,73), Adjusted R Square = 0,049 dan p = 0,179> 0,050. Kemudian H1 dalam penelitian ini ditolak.