Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Lapangan dan Kepercayaan Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pengalaman kerja praktis terhadap kesiapan kerja, (2) pengaruh kepercayaan terhadap kesiapan kerja, (3) pengaruh pengalaman kerja praktis dan kepercayaan diri terhadap kesiapan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 15 Samarinda dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mengambil jurusan otomotif yang telah melakukan kerja praktek berjumlah 82 orang, yang terdiri dari tiga kelas OT1 29 orang, OT2 25 orang, dan OT3 28 orang . Hasil penelitian ini adalah (1) Pengalaman Kerja Praktis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMA 15 Samarinda (2) Kepercayaan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan Kesiapan Kerja Siswa SMA 15 Samarinda Samarinda jurusan otomotif yang jurusan ditunjukkan. (3) Pengalaman kerja dan kepercayaan diri secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan 15 Samarinda di bidang otomotif.