Gambaran Kesejahteraan Subjektif Pada Dewasa Madya yang Hidup Melajang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi film dalam meningkatkan empati siswa SMP Negeri 31 Samarinda. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan eksperimen, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa SMP Negeri 31 Samarinda. Desain penelitian adalah non-randomized pre-test-posttest control group design. Teknik analisis statistik adalah uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi film efektif dalam meningkatkan empati siswa, hal ini berdasarkan hasil uji wilcoxon dengan p value = 0,021 pada kelompok eksperimen, hal ini menunjukkan p <0,05 dan nilai Z = -2,315 (> -1,96) , sehingga hipotesis H1 diterima yang artinya subjek yang diberikan terapi film meningkatkan empati. Sedangkan hasil pada kelompok kontrol dengan nilai p = 0,06 hal ini menunjukkan p> 0,05 dan nilai Z = -1,878 (<-1,96), sehingga H0 diterima yang berarti subjek yang diberikan terapi film tidak mengalami peningkatan. empati.