Hubungan Kecerdasan Emosi dan Penyesuaian Sosial Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dan penyesuaian sosial dengan kenakalan remaja pada siswa SMP PGRI 7 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 63 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tiga skala, yaitu skala kecerdasan emosi, penyesuaian sosial, dan kenakalan remaja dengan model skala likert. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi model bertahap dan model lengkap dengan bantuan Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk program Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kecerdasan emosi dan penyesuaian sosial dengan kenakalan remaja menunjukkan hubungan, dengan nilai yang diperoleh dari uji regresi berganda Fhitung > Ftabel (710,029 > 3,14), R = 0,273, dan P < 0,05 (0,000); (2) ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan kenakalan remaja karena t hitung < t tabel dengan nilai beta = 0,150, t hitung = 5,734, t tabel = 1,998, dan nilai P < 0,05 (p = 0,000). Kemudian (3) pada penyesuaian sosial dengan kenakalan remaja menunjukkan hubungan karena t hitung > t tabel dengan nilai beta = 0,982, t hitung = 37,620, t tabel = 1,998 dan nilai P < 0,05 (p = 0,000).