Hubungan Antara Keterlibatan Mode dan Pembelian Impulsif Dengan Harga Diri (Self Esteem) Pada Remaja

Abstract

Penelitian ini diadakan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan mode dan pembelian impulsif terhadap harga diri pada remaja di SMAN 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan skala likert yang sudah diuji cobakan pada 40 siswa dan mengambil subjek sebanyak 131 siswa. Seluruh pengolahan data menggunakan perhitungan SPSS 20 for windows. Analisa data terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, deskriptif, linearitas, normalitas, multikolinearitas, regresi dan parsial. Pada hasil uji regresi di dapat hasil bahwa variabel pembelian impulsif tidak memiliki hubungan dengan harga diri dengan nilai beta = 0.040, t hitung = 0.514, t tabel = 1.978 dan p = 0.608. Sedangkan variabel keterlibatan mode memiliki hubungan signifikan dengan harga diri dengan nilai beta = 0.684, t hitung = 8.811, t tabel = 1.978 dan p = 0.000. Meski demikian, terdapat hubungan signifikan antara keterlibatan mode dan pembelian impulsif dengan harga diri dengan nilai f hitung = 64.596, f tabel = 2.57, R = 0.709, R2 =0.502 dan p = 0.000.