Studi Komparasi Kecerdasan Moral Siswa Ditinjau Dari Sekolah Reguler dan Sekolah Islam Terpadu Full Day School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan moral antara siswa dari SMK Negeri 5 dan SMK Subulussalam yang menggunakan sistem sekolah sehari penuh di Samarinda. Peneliti menggunakan komparatif penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dari kelas X dan XI SMK Negeri 5 SMK Subulussalam Samarinda dengan jumlah sampel 100 orang, masing-masing 50 siswa Sekolah Menengah Kejuruan 5 dan 50 siswa SMA Islam Subulussalam Sekolah. Pengambilan sampel ditentukan dengan simple random sampling. Peneliti yang digunakan skala skala berbasis Likert yang terdiri dari skala kecerdasan moral untuk kumpulkan data. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan dua uji-t sampel gratis analisis (Independent sample t-test) menggunakan komputer SPSS versi 24.0 program. Hasil penelitian dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan bahwa ada tidak ada perbedaan dalam kecerdasan moral antara sekolah biasa dan sekolah Islam sekolah dengan program sekolah sehari penuh dengan koefisien perbedaan mandiri uji-t sampel sebesar 0,336 dengan p> 0,05.