Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kesiapan Kerja

Abstract

Kesiapan kerja pada diri siswa pada dasarnya berawal dari adanya persepsi seseorang atas dukungan yang diberikan berupa informasi, tingkah laku tertentu ataupun materi yang berasal dari orang-orang terdekatnya seperti keluarga, teman sebaya, dan juga guru untuk meraih kesuksesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara dukungan social dengan kesiapan kerja pada Siswa Kelas XII di SMK Farmasi Samarinda. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XII di SMK Farmasi Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 102 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala kesiapan kerja dan skala dukungan sosial. Kedua skala tersebut disusun dengan penskalaan model Likert dan dengan menggunakan tehnik analis data uji korelasi Rank Spearman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial dengan kesiapan kerja pada siswa SMK Farmasi Samarinda dengan hasil koefisiensi korelasi Rank Spearman sebesar 0.268 dengan signifikansi sebesar 0.006, oleh karena nilai signifikansi < 0.050 maka hipotesisnya yaitu ada hubungan antara dukungan sosial dengan kesiapan kerja siswa.