Hubungan Citra Diri dan Kepuasan Konsumen Akan Merek Dengan Minat Beli Produk Bermerek Surfing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan citra diri dan kepuasan pelanggan dengan minat beli terhadap merek berselancar. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel: variabel dependen yaitu minat beli dan variabel independen adalah citra diri dan kepuasan pelanggan terhadap merek. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah komunitas pengguna produk berselancar sebanyak 110 orang di kota Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis uji nonparametrik Kendall. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara citra diri dengan minat beli dengan nilai Koefisien Korelasi = 0,137, p = 0,042, terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap merek dengan minat beli dengan nilai Koefisien Korelasi = 0,540 dan p = 0,000.