Hubungan Persepsi Siswa dan Minat Dengan Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara persepsi siswa dan keterbacaan dengan kedisiplinan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 3 Samarinda. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Samarinda sebanyak 120 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan skala persepsi siswa, skala minat, dan skala kedisiplinan siswa dengan skala likert, data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan persepsi siswa dengan kedisiplinan siswa di SMA 3 Samarinda dengan F hitung = 17,561 (F hitung> F tabel = 3,07), R2 = 0,231, dan p = 0,000 (p < 0,05). Selain itu, dari hasil analisis regresi model bertahap diketahui tidak terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi siswa terhadap disiplin ilmu siswa dengan nilai beta = 0,279, t hitung = 1,632 (t hitung> t tabel = 1,980), dan p = 0,105 (p> 0,05) Kemudian, hasil uji regresi bertahap minat terhadap disiplin siswa menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai beta = 0,216, t hitung = 1,266 (t hitung> 1,980), dan p = 0,208 (p <0,05).