Hubungan Kepercayaan Diri dan Self-Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa

Abstract

Prokrastinasi Akademik adalah salah satu masalah yang sering terjadi di Universitas yang akan berdampak negatif bagi mahasiswa dan Universitas. Prokrastinasi akademik di Universitas menunjukkan keterlambatan dalam bidang akademik oleh siswa harus ditingkatkan. Beberapa aspek yang berkaitan dengan prokrastinasi akademik salah satunya terkait dengan kepercayaan diri dan pembelajaran yang diatur sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dan pembelajaran mandiri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Psikologi 2013 Universitas Mulawarman. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel: variabel dependen prokrastinasi akademik dan variabel independen yang percaya diri dan belajar mandiri. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Psikologi 2013 Mulawarman sebanyak 101 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi negatif yang signifikan antara kepercayaan diri prokrastinasi akademik dengan nilai β = -0417, nilai t <t tabel (t = -6272) dan nilai p <0,05 (p = 0,000) dan hubungan negatif yang signifikan antara belajar mandiri dengan prokrastinasi akademik dengan nilai β = -0529, nilai t <t tabel (t = -7944) dan nilai p <0,05 (p = 0,000). Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara kepercayaan diri dan pembelajaran mandiri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Psikologi 2013 Universitas Mulawarman.