Pengaruh Persepsi Risiko dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online Melalui Blackberry Messenger (BBM)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara persepsi risiko dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian secara online melalui blackberry messenger (BBM). Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswi yang pernah melakukan pembeli an pakaian secara online melalui blackberry messenger (BBM) yang tidak diketahui dengan jelas jumlahnya. Data dikumpulkan dengan metode angket. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 96 responden. Data dianalisis mengunakan analisis regresi ganda. Hasil analisis pertama diperoleh nilai Fhitung = 10.750 > Ftabel = 3.090, R2 = 0.188, dan p = 0.000 yang artinya terdapat pengaruh antara persepsi risiko dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian secara online melalui Blackberry Messenger (BBM). Hasil analisis kedua diperoleh beta = - 0.193, thitung = - 2.032 > t-tabel= 1.664, dan p = 0.045 < p = 0.050 yang artinya terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara persepsi risiko dan keputusan pembelian. Hasil analisis ketiga diperoleh beta = - 0.424, thitung = - 4.461 > ttabel = 1.664, dan p = 0.000 < p = 0.050 yang artinya terdapat hubungan negatif dan sangat signifikan antara gaya hidup dan keputusan pembelian.