Perbedaan Stres Akademik Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tekanan akademik berdasarkan latar belakang pendidikan di sekolah reguler dan sekolah Islam terpadu di SMA Negeri 3 Samarinda dan SMAIT Granada Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan 100 orang berusia 16-17 tahun, terdiri dari 50 siswa dari SMA Negeri 3 Samarinda dan 50 siswa dari SMAIT Granada Samarinda. Teknik pengumpulan menggunakan skala stres akademik dan teknik analisis data menggunakan metode Independent Sample t-Test. Hasil statistik adalah nilai rata-rata 114,92 untuk sekolah reguler dan 117,02 untuk sekolah Islam terpadu. Perhitungan Independent Sample t-Test diperoleh t hitung <t tabel (0,893 <1,984) dan nilai p (0,374> 0,05), maka H0 diterima. Studi ini dapat diringkas bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari tingkat stres akademik berdasarkan latar belakang pendidikan.