Hubungan Kemandirian dengan Strategi Coping Pada Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan independensi dengan strategi coping pada siswa SMK 05 Samarinda. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah 80 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu strategi mengatasi kecurangan skala, dan independensi dengan model skala Likert. Data dianalisis dengan korelasi momen produk dan model secara bertahap diisi dengan bantuan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara kemandirian dengan strategi coping siswa SMK 05 Samarinda dengan r = 0,858 dan p = 0,000. Kemudian hasil korelasi parsial diperoleh hasil hubungan yang sangat signifikan hanya antara aspek emosional dengan variabel independen dengan nilai r = 1.000 dan p = 0.000. Kemudian pada aspek perilaku menunjukkan nilai r = 0,523 dan p = 0,000 <0,05 yang berarti ada hubungan yang tidak signifikan antara aspek perilaku dengan variabel independen. Kemudian aspek nilai menunjukkan nilai r = 0,267 dan p = 0,035 <0,05 artinya ada hubungan yang signifikan antara rendah dan nilai variabel aspek independensi.