Pengaruh Kecerdasan Adversitas Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Menyelesaikan Skripsi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan adversitas dan dukungan lansia dalam menyelesaikan skripsi terhadap motivasi kerja mahasiswa FISIPOL Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 100 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi menyelesaikan skripsi, adversitas, kecerdasan dan dukungan sosial. Data penelitian dianalisis dengan regresi linier berganda dengan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 22.0 for Windows. Hasil penelitian dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan adversitas kecerdasan terhadap motivasi menyelesaikan skripsi dengan koefisien beta (β) = 0,139, nilai t> t tabel (1,907> 1,661) dan nilai p = 0,030 (p <0,05); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan dukungan sosial lansia terhadap motivasi menyelesaikan skripsi dengan koefisien beta (β) = 0,678, nilai t> t tabel (9,286> 1,661) dan nilai p = 0,030 (p <0,05); (3) terdapat pengaruh yang nyata dan signifikan antara kecerdasan adversitas dan dukungan sosial lansia terhadap motivasi menyelesaikan skripsi dengan nilai f hitung> f tabel (57.696> 2.36) dan p value = 0.000 (p <0.05). Kontribusi dampak adversitas kecerdasan dan dukungan sosial lansia terhadap motivasi menyelesaikan skripsi menjadi 0,543 (54,3 persen).