Hubungan Antara Persepsi Terhadap Tugas Akademik dan Atraksi Interpersonal Siswa Terhadap Guru Dengan Regulasi Diri Siswa Program Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Negeri 10 Samarinda

Abstract

Program Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah salah satu bentuk perkembangan globalisasi dalam pendidikan. OSN bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan terutama dalam bidang sains dan matematika agar mampu bersaing di dunia internasional. Dalam kegiatan belajar dan mengajar di sekolah terjadi hubungan atraksi interpersonal siswa terhadap guru dan persepsi siswa terhadap tugas akademik yang secara langsung mempengaruhi regulasi diri siswa dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap tugas akademik dan atraksi interpersonal siswa terhadap guru dengan regulasi diri siswa program OSN SMA Negeri 10 Samarinda. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 10 Samarinda berusia 15-18 tahun sebanyak 116 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga alat ukur, yaitu Skala Regulasi Diri (47 aitem valid, rix=0,000 - 0,0046, α=0,777), Skala Persepsi Terhadap Tugas Akademik (56 aitem valid, rix=0,000-0,035, α=0,902), dan Skala Atraksi Interpersonal Siswa Terhadap Guru (48 aitem valid, rix=0,000-0,039, α=0,903). Analisis data menggunakan teknik regresi ganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut (1) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara persepsi terhadap tugas akademik dan regulasi diri (rxy=0,581, p=0,000, dan sumbangan efektif 33,8%), (2) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara atraksi interpersonal siswa terhadap guru dengan regulasi diri (rxy=0,576, p=0,005, dan sumbangan efektif 32,2%), (3) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara persepsi terhadap tugas akademik dan atraksi interpersonal siswa terhadap guru dengan regulasi diri (rxy=0,583, p=0,000, dan sumbangan efektif 34,0%).