Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Guru Tahfidz terhadap Motivasi Menghafal Al-Quran

Abstract

Motivasi menghafal Alquran terbentuk dari keyakinan santri bahwa mereka mampu mencapai target harian dalam menghafalkan Alquran dan didukung oleh guru tahfidz dalam bentuk emosional, penghargaan, materi, dan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh efikasi diri dan dukungan guru tahfidz terhadap motivasi menghafal Alquran pada Santri SMA Tahfidz Al-Izzah Samarinda. Subyek penelitian ini adalah santri SMA Tahfidz Al-Izzah Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 87 santri. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi menghafal Alquran, skala efikasi diri, dan skala dukungan guru tahfidz. Ketiga skala tersebut disusun dengan bentuk skala model Likert dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji statistik nonparametrik berupa uji Kendall’s Tau. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan efikasi diri terhadap motivasi menghafal Alquran santri yaitu dengan nilai p = 0.000. Pada dukungan guru tahfidz terdapat pengaruh signifikan terhadap motivasi menghafal Alquran santri yaitu dengan nilai p = 0.003.