Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Penyesuaian Diri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan efikasi diri terhadap penyesuaian diri pada siswa SMP tingkat I di Pondok Pesantren Syaichona Cholil Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 78 siswa sekolah menengah pertama tingkat pertama di Pondok Pesantren Syaicona Cholil Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala dukungan sosial, skala efikasi diri dan skala penyesuaian diri. Data penelitian dianalisis dengan regresi berganda dengan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada pengaruh yang signifikan dukungan sosial dan efikasi diri terhadap penyesuaian diri siswa SMP tingkat I dengan nilai f hitung> f tabel (41,551> 3,12) dan nilai p = 0,000 (p <0,05. Kontribusi pengaruh dukungan sosial dan diri sendiri). Efikasi terhadap penyesuaian diri siswa SMP tingkat I menjadi 0,526; (2) terdapat pengaruh yang signifikan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri siswa SMP tingkat I dengan koefisien beta (β) = 0,276, dan nilai t> t tabel ( 3,042> 1,992) dan nilai p = 0,003 (p <0,05); (3) terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap penyesuaian diri siswa SMP tingkat I dengan koefisien beta (β) = 0,551, dan nilai t> t tabel (6.082> 1.992) dan nilai p 0.000 (p <0.05).