Keterlibatan Orang Tua Dan Tumbuh Kembang Siswa-Siswi Kelompok Bermain
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran keterlibatan orang tua dan perkembangan siswa dalam Kelompok Bermain “Anggrek Putih” Samarinda yang berstatus sosial ekonomi rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi tentang lima orang ibu siswa. Subjek pertama MO, bentuk keterlibatannya adalah dukungan moral daripada materi untuk pendidikan putrinya, jadi ini mempengaruhi perkembangan anaknya dalam mengenali situasi dan kondisi di lingkungan sekitarnya. Subjek kedua MU, bentuk keterlibatan adalah untuk mendukung favorit anak dalam memanah, sehingga anak dapat mengembangkan kegiatan favoritnya terkait dengan perkembangan motorik dan kognitif. Subjek ketiga SA, bentuk keterlibatannya adalah dukungan emosional dengan menunggu kesadaran diri anak, sehingga hal ini membuat perkembangan kognitif dan bahasa subjek anak menjadi terlambat. Subjek keempat YA, bentuk keterlibatannya adalah untuk mendukung favorit anak dalam mewarnai dan berkomunikasi secara aktif dengan anak, sehingga anak subjek dapat berkembang secara optimal dan memiliki motivasi berprestasi tinggi di sekolah. Subjek kelima AN, bentuk keterlibatannya adalah mendukung anak dengan memenuhi semua keinginan putranya, sehingga hal ini membuat anak menjadi orang yang manja dan masih bergantung pada orang tua dalam melakukan aktivitas sehari-hari.