Pengaruh Regulasi Diri dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mata kuliah PGSD tahun 2015 di Universitas Terbuka Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Terbuka Samarinda dengan jumlah sampel 60 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik sampel purvosive. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tidak terdapat pengaruh yang signifikan regulasi diri dan prestasi belajar pada jurusan PGSD 2015 di Universitas Terbuka Samarinda dengan nilai R 0,080 dan nilai signifikan sebesar 0,449 (p> 0,05) serta tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar. dan prestasi belajar dengan hasil R 0,064 dan nilai signifikan 0,540 (p> 0,050).