Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gadget di Toko Suryaphone Samarinda

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan persepsi harga dengan keputusan pembelian pada konsumen Suryaphone di Samarinda. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel, variabel dependen khusus keputusan pembelian dan variabel independen, citra merek dan persepsi harga. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Quota Sampling. Ada 80 sampel yang dikumpulkan untuk penelitian ini dari konsumen Suryaphone di Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara citra merek dan keputusan pembelian dengan nilai beta = 0,268, t hitung = 2,458> t tabel = 1,991 dan p = 0,016, tetapi tidak ada pengaruh antara persepsi harga dan keputusan pembelian dengan nilai beta = - 0,97, t hitung = -0,891 <t tabel = 1,991 dan p = 0,376. Namun demikian, ada pengaruh yang signifikan antara citra merek dan keputusan pembelian dengan nilai F hitung = 3,411> F tabel = 3,14, R = 0,081 dan p = 0,038