Efektifitas Metode Mendongeng Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dini Anak Prasekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada keefektifan dalam metode bercerita untuk meningkatkan keterampilan literasi awal anak-anak prasekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa TK ABA 1. Penelitian ini menggunakan satu kelompok pre-test post-test design. Teknik analisis statistik menggunakan paired simple T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan mendongeng efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi awal anak-anak, itu didasarkan pada menggunakan Sampel Paired T-Test dengan aturan nilai p (<0,050) dan nilai t hitung> t tabel. Pada peneliti diperoleh hasil p = 0,000 dan t = 13,862 dengan hasil H1 diterima. Menurut guru hasil yang diperoleh adalah p = 0,000 dan t = 10,614 sehingga hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Seperti halnya menurut orang tua, hasil p = 0,000 dan t = 7.809 dengan hasil H1 diterima berarti ada efektifitas dalam metode bercerita untuk meningkatkan keterampilan literasi awal.